Daftar Mata Pelajaran

Senin, 11 Maret 2019

Lani si tupai

                           “LANI SI TUPAI”

    Di sebuah hutan yang asri hidup beberapa hewan. Hewan itu terdiri dari Coco si tikus, Riry si burung merpati, dan Lani si tupai. Mereka sering bermain bersama,terkadang mereka juga makan bersama. Suatu saat di pohon yang rindang Riry menghampiri Lani yang sedang melamun, “Apa yang kamu pikirkan, lan? “ tanya Riry. “Aku lagi lapar,” jawab Lani” namun cadangan makanan aku sudah habis.”  “Aku punya cadangan makanan ini, kamu makan saja.” kata Riry sambil memberikan sebuah rambutan kepada Lani.
       Riry memang yang paling dekat dengan Lani, beda lagi dengan si Coco. Coco sikapnya sangat pemalas, dan jarang bekerja. Tak lama musim panas akan tiba Lani dan Riry sibuk mencari makanan untuk musim panas. Namun si Coco masih terdiam di dalam rumahnya di bawah tanah. Walaupun Lani dan Riry sudah memanggilnya berkali-kali. Tiba saatnya musim panas, mereka bertiga berada dalam rumah masing-masing. Beberapa saat kemudian perut Coco berbunyi”krkrkrkr”. 
          Coco sangat lapar, dan ia tak memiliki makanan di rumahnya, lalu ia memutuskan untuk pergi mencari makan. Setelah pergi mengelilingi hutan, Coco tidak menemukan makanan, karena tumbuhan yang ada di hutan semuanya telah kering. Coco terasa lemas, dan ia berjalan perlahan pergi ke rumah Lani. Sesampainya di rumah Lani “La...ninini,”ucap Coco sambil menahan kelaparan. Lani pun membuka pintu rumahnya, “Lani bertanya, “ Ada apa denganmu Coco, kenapa badan kamu lemas seperti itu?. “Aku kelaparan, makanan di hutan semuanya sudah kering. “jawab Coco. 
     Karena kasihan dengan Coco, Lani mengajak Coco masuk ke dalam rumahnya dan memberikan Coco sedikit dari makanannya. Coco pun langsung melahap makanan yang diberi Lani. Sambil Coco makan makanannya, Lani menasihati Coco agar tidak bermalas-malasan untuk bekerja mencari makanan karena musim panas tidak tahu kapan berakhirnya. Beberapa hari kemudian musim panas telah berakhir, semua hewan di hutan beraktivitas seperti biasanya. Dan Lani,Coco, dan Riry pun berkumpul di sebuah pohon dan saling bercerita.
   Dalam cerita tersebut kita bisa mengambil pesan, yaitu kita sebagai pelajar tidak boleh bermalas-malasan mengerjakan tugas, karena penyesalan terjadi di akhir dan bukan di awal. Mari kita bekerja dan terus berusaha mencapai masa depan yang indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar