Daftar Mata Pelajaran

Sabtu, 02 Maret 2019

KERA YANG SERAKAH

Kera yang serakah



          Pada suatu hari hiduplah seekor Kera yang sedang berkeliling hutan untuk mencari makanan. Tiba tiba seekor kerbau terlihat kesusahan untuk mengambil pisang yang terletak pada ujung pohonya. Sang kerbau kemudian meminta tolong kepada si kera. Kerbau ' Kera tolong ambilkan pisang itu, kau kan bisa memanjat pohon yang tinggi. Kera ' ahh enak saja kau meminta untuk diambilkan, mumpung aku lagi lapar pisang yang ada diatas sana aku makan saja jawab sang kera.   
          Kerbau pun merasa kesal mendengar perkataan sang Kera akhirnya sang Kerbau kesal dan pergi meninggalkan sang monyet. Monyet melihat Kerbau pergi sambil memakan pisang. Keesokan harinya hewan hewan lainnya membuat perlombaan yaitu menanam tanaman pisang, siapa yang paling cepat pohon pisangnya berbuah dialah pemenangnya. Semua hewan mengikuti perlombaan tersebut. Termasuk kerbau juga mengikuti perlombaan itu.
          Kera berkata” aku pasti yang akan menjadi pemenang perlombaan ini”. Semua hewan yang ada dihutan terkejut mendengar perkataan sombang dari kera. Kerbau mengatakan” janganlah sombong kamu kera nanti kamu akan kena akibat dari kesombonganmu. 


          Hari perlombaan telah tiba semua hewan menanam tanaman pisang secara bersama sama. Si Kerbau terlihat sangat giat dalam merawat tanaman pisangnya. Tidak seperti sang monyet sang monyet sangat malas dalam merawat tanaman pisangnya tetapi si Monyet ingin memenangkan perlombaan itu. Kerbau berkata” hei Monyet kalau kamu ingin memenangkan perlombaan ini jangan malas untuk merawat tanamanmu jika kamu malas maka tanamanmu tidak akan berbuah dengan cepat”. Monyet menjawab” halah meskipun aku malas aku yakin pasti pohon pisangku tetap akan cepat berbuah. 
          Beberapa bulan telah berlalu tanaman pisang Kerbau sudah mulai berbuah. Sedangkan tanaman sang Monyet belum berbuah sama sekali. Monyet merencanakan akan merusak pohon pisang sang kerbau. 
          Keesokan harinya sang Monyet membawa racun tanaman. Racun tanaman tersebut akan disiramkan pada tanaman hewan hewan yang mengikuti perlombaan tersebut. Setelah sang monyet menyiramkan racun itu pada kebun hewan hewan itu, pada saat monyet berjalan meninggalkan kebun mereka tiba tiba pohon besar tumbang di depan kebun Kerbau dan mengenai tubuh Monyet. 
          Hewan hewan dihutan tersebut langsung mendatangi Monyet yang terlihat sekarat hewan hewan tersebut hanya melihat si Monyet karena mereka sudah mengetahui bahwa kebunya sudah diracuni oleh Monyet. Monyet berteriak minta tolong kepada para hewan. Hewan hewan itu hanya mau menolong Monyet apabila Monyet bejanji tidak akan serakah. 
          Akhirnya sang monyet berjanji tidak akan mengulangi hal tersebut selamanya. Monyet pun ditolong oleh hewan hewan tersebut, Monyet berjanji” Aku tidak akan mengulangi perbuatanku yang serakah dan aku akan menjadi Monyet yang baik”. Akhirnya pemenang perlombaan tersebut tidak ada karena perlombaan tersebut dibatalkan. Sejak hari itu Monyet nenjadi hewan yang baik tidak serakah, Monyet hidup bahagia bersama hewan hewan lainnya. 
          




NAMA      : Ivan fadhila
KELAS      : 6.s2.5
NO ABSEN : 13    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar