Daftar Mata Pelajaran

Sabtu, 09 Maret 2019

                                 Kelinci dan rusa


Pada suatu hari,ada seekor kelinci yang pergi ke taman buah. Ia membelikan buah -buahan untuk harimau yang kelaparan. Tak lama kemudian, ada rusa yang melihat kelinci yang kelelahan habis membelikan buah buahan untuk harimau. Rusa langsung membantu si kelinci membawakan buahnya itu. Lalu, si kelinci dan rusa pergi ke rumah si harimau.


Sesampai dirumah harimau, si kelinci memanggil harimau yang sedang di dalam rumahnya. "Harimau tolong bukakan pintunya." Teriak  kelinci. Si harimau pun menghampirinya. "Sebentar kelinci, akan kuambilkan kunci pintunya",Kata harimau. Lalu, kelinci dan rusa masuk ke rumah harimau dan kelelalahan sekali. Mereka saling berbicara setelah kelelahan.
"Ayo silahkan dimakan buah buahan yang aku titipkan ke kalian", "ini aku membelikannya untuk kalian juga",Kata harimau.


Tak lama kemudian, kelinci dan rusa memakan buah buahan yg sudah ia beli untuk harimau. Lalu,si harimau membawakan dua gelas teh hangat untuk kelinci dan rusa. "Ini teh hangat untuk kalian berdua", kata harimau. "Terima kasih harimau!" Kata si kelinci dan rusa. Tak lama kemudian, rusa dan kelinci pamit untuk pulang. "Harimau,aku dan rusa pamit dulu ya kita ingin pulang dulu",Kata kelinci. "Iyaa, hati hati dijalan yaa,Sampai jumpa, Kata harimau. "Sampai jumpa kembali."


Esok harinya, kelinci pergi bermain dengan rusa. Si kelinci dan rusa bernyanyi dengan senang.  Lalu, kelinci dan rusa melihat si monyet bergelantungan. "Hallo monyet, sedang apa kau disana!",kata si kelinci dan rusa. "Hallo kelinci,rusa",Aku sedang mencari pisang di sini",Kata monyet. "Aku dan rusa pergi dulu ya monyet,Hati hati monyet",Kata si rusa dan kelinci.




Sore harinya, rusa bertemu kancil yang sedang mengangkat makanan yang sangat besar. Lalu,ada si rusa yang datang menemui kancil. "mengapa kau ada disini kancil?", tanya rusa.
 "Aku sedang mengangkat makanan yang sangat besar,rusa", jawab kancil.  "Apakah aku bisa membantumu,kancil?", rusa bertanya. "Silahkan rusa, ayo kita angkat bersama sama ke rumahku," kata si kancil.




Tidak lama kemudian, rusa dan kancil sampai di rumah si kancil. Akhirnya, si kancil berterima kasih kepada rusa. "Terimakasih rusa, kau telah mengangkat kan makanan ku ini yang sangat berat tadi",kata kancil. 'Tidak apa apa kancil, aku siap membantumu setiap saat",jawab rusa.  "Ayo kita makan makanan ku yang tadi", kata kancil. "Okee kancil, terimakasih kancil", kara rusa. "Tidak apa apa rusa, justru aku yang berterimakasih banyak kepadamu karna telah mengangkat kan makananku tadi", jawab kancil. "Iyaa kancil,jangan khawatir", kata rusa.




Pada pagi hari, kelinci dan rusa merayakan ulang tahun si neneknya. "Ayo kita undang harimau,monyet, dan si kancil", kata rusa. 'Okee, ayo kita rayakan ulang tahun nenek." Kata kelinci.
Pesta akan dirayakan pada pukul 7.00 pagi. Kelinci dan rusa bersiap siap dan menata rumahnya, sambil menunggu nenek nya pulang ke rumah. Setelah itu, harimau,kancil,monyet datang ke rumah neneknya.




Harimau,kelinci dan yamg lain mulai membuat nastar dan cake.
Mereka senang sekali merayakan ulang tahun nenek.tak lama kemudian, nenek datang ke rumah. Lalu, si harimau melihat nenek yang berjalan pulang. Kemudian, kelinci,rusa, harimau, kerbau dam yang lain bergegas bersembunyi dan mematikan lampunya.



Ketika nenek datang, nenek kaget mengapa lampunya menjadi gelap. Lalu, "surpriseeee... happy birtday nenekkk!!!", semuanya bersorak gembira. "Siapa yang memberi tahu bahwa nenek ulang tahun nak?", nenek bertanya. "Kelinci dan rusa yang memberi tahu nek", kata harimau,monyet dan yg lain. "Ayo nek,silahkan duduk dan makanlah kue kue inii nek", kata monyet.  "Terimakasih nak," jawab nenek.




"Ayo kitaa makan bersama sama nak", kata nenek. Sambil melihat monyet dan yang lain. "Nek, apakah nenek sangat senang hari ini?", "maaf nek tadi tidak bisa mengantarkan nenek ke pasar tadi pagi", kata kelinci dan rusa. "Tidak apa apa nak," jawab nenek. 'Apakah nenek marah kepada kita nek?" Tanya kelinci. "Tidak nak, nenek tidak marah," "justru nenek bangga memiliki kalian berdua nak", "Terimakasih telah merayakan ulang tahun nenek ini",kata nenek. "Iya nek, sama sama".
"kita juga bangga mempunyai nenek yang baik sekali". Jawab kelinci dan rusa dengan tersenyum.





Pada siang harinya, "nenek mau makan apa siang ini nek?". Kata si kelinci. "Akan ku masak kan untuk nenek". " tidak usah nak, nenek bisa memasak sendiri", jawab nenek. "Tidak papa nek, nenek istirahat saja biar aku yang membuatkannya". Kata kelinci. "Yaudah, nenek ingin nasi goreng saja." Jawab nenek.
"Oke nek, tunggu sebentar yaa." Kata kelinci.




Beberapa menit kemudian, "ini nek sudah jadi nasi goreng spesial buatan ku",kata kelinci. "Akan ku coba nasi goreng spesial kamu nak," kata nenek. "Emm enak sekali nasi goreng buatan mu," kata nenek. "Terimakasih nek hehehe, aku baru belajar membuatnya kemarin",Jawab kelinci.


Profil penulis:

Nama: azellia anggun v.
Kelas: 6.S2.3
Absen :06





Tidak ada komentar:

Posting Komentar