Daftar Mata Pelajaran

Minggu, 10 Maret 2019

Kita Berbeda namun Bersama

     
          Ini adalah cerita tentang seekor rusa dan burung merpati istimewa. Suatu hari seekor rusa jantan muda bernama Clooney bangun dengan kepala yang sakit.  "Kepalaku sakit sekali," erang rusa itu. Selama satu jam ia masih terbaring kesakitan di tempat tidurnya. Ia mencari tahu apa yang terjadi padanya dengan bercermin pada genangan air. Ia pun terkejut, " Kenapa tanduk ku menjadi warna ungu." Ia tidak tau apa yang terjadi padanya, dan ia sangat takut. 

          Dia lapar dan mencari makan, di perjalanannya mencari makan ia selalu dibicarakan hewan-hewan yang melihatnya, bahkan ada yang sampai bertanya kepadanya, namun ia tak menghiraukannya. Ia mengumpulkan banyak makanan untuk dibawa kerumahnya, karena ia tidak ingin bertemu dengan siapapun. Hewan-hewan di hutan mulai risih dengan kehadirannya, teman-temannya menjauh darinya , dan ia dituduh sebagai monster. Clooney sangat ketakutan,  ia mengasingkan diri. Ia berlari dan terus berlari, sampai ia bersembunyi di sebuah gua yang sangat gelap hingga ia tak bisa melihat dirinya sendiri. Dia meratapi nasibnya yang kini tak memiliki siapa-siapa. 

          Hingga ditemukan oleh seekor burung merpati raksasa bersayap biru, ukuran tubuh burung merpati ini hampir sama dengan ukuran tubuh Clooney. "Kenapa kau seorang diri disini ?" tanya burung merpati itu. "Aku memiliki tanduk berwarna ungu, aku berbeda dengan teman-temanku, dan aku dituduh sebagai monster, aku memilih untuk mengasingkan diri," jawab Clooney. Sepertinya burung merpati itu juga merasakan hal yang sama seperti Clooney. "Apakah ini sebuah kebetulan ? Sepertinya kita memiliki nasib yang sama," ujar burung merpati itu. "Benarkah ?" tanya Clooney dengan keheranan. Merpati tersebut menjawab, "tentu saja, lihatlah aku memiliki sayap berwarna biru dan ukuran tubuhku sangat besar dibandingkan merpati yang lain, aku juga sedang mengasingkan diri." Clooney merasa senasib dengannya. "Karena kita memiliki nasib yang sama, bagaimana jika kita berteman ?" tanya merpati itu, "namaku Whoopie, maukah kau menjadi temanku ?" Clooney sangat senang karena ada hewan yang mau berteman dengannya. "Aku mau berteman dengan mu, namaku Clooney," jawab Clooney. Semenjak hari itu mereka hidup bersama dan saling tolong menolong. Dari hari ke hari mereka makin akrab, mereka merasa sudah seperti saudara sendiri. Clooney dan Whoopie bekerjasama untuk membuat rumah yang cocok dengan kondisi mereka berdua. 

          Hingga suatu hari Whoopie mengumpulkan makanan sendirian, dan Clooney sedang mengolah kebunnya. Di saat-saat Whoopie mencari makanan ia di intai oleh seorang pemburu. Pemburu itu tertarik dengan Whoopie karena ukuran tubuh dan warna sayapnya. Whoopie tidak sadar kalau ia sedang di intai oleh seorang pemburu. Banyak hewan-hewan di hutan yang tau kalau Whoopie sedang di intai oleh pemburu, namun tidak ada yang berani memberi tahu Whoopie. Pemburu itu mengeluarkan busur dan anak panahnya. Ia mulai mengatur busur anak panahnya agar tepat ke arah Whoopie. Anak panah pun dilepaskan dan menuju ke arah Whoopie, namun keajaiban terjadi. Sayap biru Whoopie dengan spontan menjadi tameng yang sangat kuat untuk dirinya. Whoopie berubah menjadi kuat karena serangan tersebut. Whoopie menyadari keberadaan pemburu itu dan menyerangnya hingga pemburu itu babak belur. Pemburu itu lari dengan susah payah, hewan-hewan hutan makin yakin kalau Whoopie membahayakan. 

          Whoopie pulang ke rumah dan menceritakan apa yang terjadi kepada Clooney. Clooney dan Whoopie sama-sama heran akan apa yang terjadi. Tiba-tiba di depan rumah mereka banyak hewan-hewan yang resah dengan keberadaan mereka berdua. Mereka mencoba menenangkan para hewan, namun para hewan tetap ingin mereka berdua untuk pergi dari kawasan hutan itu. Di  tengah-tengah keramaian itu para pemburu datang secara bersamaan. Clooney, Whoopie, dan para hewan sangat kaget. Pemburu sangat senang karena mereka mendapat banyak mangsa. Satu persatu hewan yang ada di sana di tangkap oleh pemburu. Clooney dan Whoopie mencoba menyelamatkan hewan-hewan yang lain. Mereka berdua menunjukkan kekuatan yang mereka miliki, mereka menjadi sangat kuat.

          Clooney dan Whoopie hampir menang melawan pemburu. Tetapi salah seorang pemburu menembakkan peluru ke arah Clooney, Whoopie mencoba menyelamatkan Clooney dengan menjadikan dirinya sebagai tameng. Namun penyelamatan itu mengakibatkan Whoopie terkena peluru. "Whoopie, kumohon jangan tinggalkan aku, aku tak memiliki siapa-siapa lagi kecuali dirimu," rintih Clooney. "Clooney, kumohon selamatkan semua hewan di hutan, aku akan sangat bangga memiliki teman seperti dirimu jika kau melakukannya untukku," pinta Whoopie. Clooney pun dengan sigap melaksanakannya, tanduk ungunya menjadi panjang dan menusuk seluruh pemburu, aliran listrik keluar dari tanduk Clooney hingga semua pemburu tersengat. 

          Namun salah satu pemburu yang terluka masih bisa membawa pistol, di saat Clooney lengah pemburu itu menembakkan peluru terakhir ke ke arah Clooney. Kini Clooney dan Whoopie sama-sama tertembak oleh peluru. "Whoopie lihatlah, aku telah mengalahkan mereka semua, kini kita bisa meninggalkan kehidupan ini dengan tenang, terimakasih untuk semuanya Whoopie" ucap Clooney. "Terimakasih juga Clooney," ucap Whoopie untuk terakhir kalinya. Mereka berdua tewas dengan senyuman manis. Para hewan terkejut dan ada yang menangis, mereka merasa bersalah atas apa yang terjadi.

    Sesuatu yang berbeda bukan berarti buruk. Kita tidak boleh melihat sifat seseorang dari penampilan, tapi lihatlah kebaikan yang dimilikinya. Dan jangan berburuk sangka atas apa yang dilakukan seseorang, jika tidak kita akan menyesalinya.

Oleh :
Tiara Kusuma Wardhani - 29/6.S2.3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar