Daftar Mata Pelajaran

Minggu, 03 Maret 2019

Singa Raja Yang Bijaksana

Singa Sang Raja Hutan


Di sebuah hutan wilayah sang raja hutan Singa, terdapat hewan hewan berbagai jenis. Diantaranya, Beruang, Tupai, Gajah, Kelinci, Harimau, dan Heyna. Semua hewan itu senang karena rajanya yang adil dan bijaksana. Namun, Kecuali Heyna. Ia tidak suka kepada Singa. Heyna ingin ia menjadi raja di hutan tersebut.


Pada saat tengah malam hari. Heyna bertemu dengan sang Harimau. “Hai Harimau.” kata Heyna. Harimau menjawab, “hai, kenapa kamu tidak tidur? Hari inikan bukan waktumu jaga!” . “Iya, aku tahu.” jawab Heyna. “Aku disini membuat usul untuk mengusir Singa sang raja payah itu!” seru Heyna. Harimau menjawab, “Hah…? Aku tidak mau! karena Singa juga saudaraku.”. Lalu sang Heyna pergi untuk tidur. Keesokanya, dikabarkan oleh Gajah bahwa Kelinci telah hilang sejak pagi. Singa terheran, “jarang-jarang Kelinci pergi sendiri, biasanya kan bersamamu untuk pergi ke padang rumput.” . Lalu Harimau datang, ia berkata, “Singa! tadi padi aku ke tempat Heyna, tetapi ia juga tidak ada!” . “Jangan-jangan Kelinci dimakan Heyna! Harimau cepat cari di bukit!” kata Singa. Harimau bergegas dengan cepat pergi ke bukit. Saat sesampainya, Harimau dikejutkan dengan bercakan darah di samping pohon. “Jadi betul Heyna yang memakan Kelinci!”  kata Harimau. Ia pun bergegas kembali ke hutan untuk melaporkan hasilnya. “Singa ternyata betul Heyna yang memakan Kelinci!” ucapan Harimau. Singa berkata, “Dasar kucing kecil licik! tidak ada habis-habisnya ia mengacau rumah kita.”


Di hari yang sama pada saat hari menjelang malam, Heyna kembali ke hutan. Dengan cepat Harimau menerkam Heyna sampai sedikit terluka di bagian paha. “Mau apa kau kembali wahai kucing licik!” ucapan Harimau. “Aku kembali untuk meminta maaf karena telah memakan Kelinci” kata Heyna. Singa pun datang, “Pergilah kau jauh-jauh jangan harap kau kembali lagi ke wilayah ini dan jangan pula kau membawa saudaramu untuk menyentuh tanah ini lagi dan selamanya”. Lalu Harimau melepaskan Heyna. Dan saat itulah semuanya kembali damai dan bahagia.


Sejak itu Heyna sudah tidak pernah terlihat dan kawasan hutan yang dipimpin oleh Singa yang adil dan bijaksana itupun damai dan bahagia selamanya. Sepatutnya kita harus patuh terhadap pemimpin yang betul, bukan meminta seenaknya sendiri kalau menjadi pemimpin



Dwiki Revalian Satriani
09/6.S1.5
SMPN 3 Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar