Daftar Mata Pelajaran

Sabtu, 09 Maret 2019

Rusa Yang Sombong

         Disuatu tempat di tepian sungai, ada Rusa, Kambing, Sapi, Kerbau. Di sungai mereka sedang mandi, dan nampak Rusa sedang menggosok-gosok kan tanduk nya ke batu. Kambing bertanya, “Apa yang sedang kamu lakukan, Rusa?” Rusa menjawab, “Lihatlah, aku sedang menggosok-gosok tanduk ku yang indah ini agar lebih mengkilat” Sapi pun ikut bertanya, “Memangnya apa bagusnya tanduk mu itu?” Sambil terus menggosok-gosok tanduknya rusa menjawab, “Apakah kalian tahu, kalau tanduk ku ini kuat, bercabang-cabang, panjang, dan tentunya mengkilat.” Sahut si Kerbau, “Sombong sekali kamu!” “Kalian iri ya? Karena tanduk kalian tidak se indah tandu ku.” Jawab Rusa sambil meninggalkan teman-temannya.


            Rusa berjalan-jalan mengelilingi hutan sambil membusungkan dadanya. Hal iyu menyebabkan semua warga hutan menjadi kesal dan geram. Sementara itu di tepian sungai tadi, Kambing, Kerbau, dan Sapi sedang merencanakan sesuatu untuk memberikan pelajaran agar rusa tidak sombong lagi. Kambing memiliki ide, “Aha! Aku punya sebuah usulan” Lalu kambing berbisik pada Sapi dan kerbau. “Baiklah setuju!” Seru Sapi dan Kerbau bersamaan.

            Keesokan harinya, Kambing menemui Rusa, “Hai rusa! Apa kabarmu hari ini?” Sapa Kambing. Dengan sombong nya Rusa menjawab, “Seperti yang kamu lihat, Aku tetap tampan dengan tanduk ku yang mengkilat ini.” Kambing pun berkata, “Maukah kamu ku beri tahu rahasia agar tanduk mu lebih mengkilat?”  “Tentu saja aku mau!” Jawab Rusa dengan antusias. Kemudian Kambing menjelaskan kepada Rusa, “Pergilah kamu ke tengah dan cari lah buah besar berwana hitam yang menggantung di ranting pohon beringin.” “Lalu?” Tanya Rusa dengan antusias dan tidak sabar. “Sundulah buah itu dengan kedua tanduk mu, niscaya tanduk mu akan lebih berkilau seperti emas.”

            Rusa pun mengikuti petunjuk Kambing, dengan berlari-lari Rusa mencari buah hitam itu ke tengah hutan. Setiap kali dia bertemu dengan hewan lain, dia selalu bertanya dimanakah letak buah hitam itu. Beberapa saat kemudian Rusa melihat benda yang menggantung di pohon besar. Rusa berhenti dan diamati nya benda itu, “Apakah ini yang dimaksud kambing itu ya?” Tanya Rusa dalam hati. “Sepertinya memang benar!” Seru Rusa. Rusa kemudian menyundul benda hitam itu dengan tanduknya satu kali. Dan dia melihat ada cairan yang meleleh dan membuat tanduknya lebih mengkilat. Rusa merasa senang sekali dia merasa yang dikatakan Kambing itu benar. Tetapi Rusa tidak puas, dia ingin tanduknya lebih mengkilat lagi. Lemudian dia menyundul benda hitam itu berkali-kali. Rusa merasa puas sekali ketika melihat tanduknya lebih bercahaya dan berkilau. Ternyata dia tidak menyadari ternyata cairan itu adalah madu, dan benda yang dia sundul adalah sarang lebah. Tak lama kemudian terdengar lah suara berdengung dari arah belakang Rusa. Ternyata itu adalah suara segerombolan lebah yang marah karena sarang nya telah rusak. Lebah-lebah itu menyerang Rusa, Rusa pun berlari sekencang-kencangnya untuk menghindari kejaran para lebah. Karena ketakutan rusa pun menceburkan dirinya ke sungai, yang mengakibatkan tanduk nya terantuk batu dan patah.


            Rusa menangis tersedu-sedu karena tanduk nya patah. Dia pun menyadari bahwa kesombongannya berakibat buruk pada dirinya. Akibat kesombongan nya itu Rusa kehilangan tanduknya yang indah dan teman-temannya yang baik.
                      

Devon Nathanael Setiawan
12
6.S2.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar