Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 25 Januari 2019

Tanggapan Novel '5 cm' Karya: Donny Dhirgantoro

Judul : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit: PT. Grasindo (2005)
Tebal : 381 halaman

Donny adalah seorang penulis yang terus berusaha mempertahankan pekerjaannya sebagai seorang penulis sampai sekarang. Donny Dhirgantoro menuangkan pengalaman pribadinya bersama sahabatnya mendaki mahameru dalam novel pertamanya sebagai penulis, yaitu 5 cm. Novel tersebut difilmkan yang dirilis tanggal 12 Desember 2012.

Karya ini menggambarkan sebuah persahabatan yang sudah terjalin sangat lama dengan mimpi setinggi langit, menggambarkan bahwa Donny memiliki persahabatan yang erat dan juga impian. Hal tersebut membuat tidak ada persahabatan yang tidak bisa mencapai impian tersebut.

Sebuah kisah dengan 5 orang sahabat, yaitu Arial sebagai orang yang ideal. Arial suka berolahraga. Membuatnya tampak keren. Sehingga banyak cewek yang suka dengannya. Tetapi tetap saja kemana pun dia pergi, dia akan selalu membawa kecap kesayangannya. Yang kedua adalah Riani. Tokoh yang digambarkan sebagai wanita yang cantik dan juga cerdas. Riani adalah seorang pekerja keras. Tetapi dia benci bila ada orang yang lebih mengetahui suatu hal daripada dia. Selanjutnya yaitu Zafran, seorang musisi yang gila puisi, musik, majas, atau mungkin kata kiasan. Tubuh Zafran kurus, berambut lurus. Bisa di katakan orang yang paling nggak jelas adalah Zafran. Yang keempat adalah Ian sebagai orang yang gendut dan juga pendek. Ian masih belum menyelesaikan kuliahnya. Ada yang bilang Ian tidak akan pernah lulus karena suka makan indomie, suka main game, atau melihat video dewasa. Yang terakhir adalah Genta sebagai leader. Mereka tidak akan bisa akur tanpa genta. Bisa dibilang mereka semua cocok dengan Genta. 

Mereka adalah sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing-masing, mereka selalu pergi bersama dan ketemu setiap saat. Karena bosan bertemu setiap hari, akhirnya mereka menemukan titik jenuh dengan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama dan mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan.

Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan hal baru. Dengan rasa rindu yang saling menyilang. Tentang tokoh Riani yang mencintai salah satu sahabatnya zafran. Tentang Zafran yang merindui dinda adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam.

 Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Banyak hal yang terjadi saat pendakian. Melewati Ranu, menyeberangi hutan, merasakan kedinginan, bahkan sampai tertimpa batu saat mendaki.

Novel ciptaan Donny selalu memiliki ciri khas tersendiri. Novel ciptaannya pasti memainkan perasaan pembaca. Sehingga pembaca merasakan suka duka para tokoh di dalam novel. Memiliki alur yang tidak terduga, bisa dibilang pembaca dikejutkan oleh hal hal yang luar biasa. Membuat para pembaca seperti memerankan para tokoh dalam novel. Pokoknya bisa dibilang hebat.

By:
Gading Mahendra Sebayang
VIII/13



1 komentar: