Daftar Mata Pelajaran

Minggu, 27 Januari 2019

Tanggapan Film Hacksaw Ridge Karya Mel Gibson

Mel Gibson adalah seorang aktor sekaligus filmmaker. Ia merilis sqlah satu filmnya yaitu Hacksaw Ridge pada bulan November, 2016. Hacksaw Ridge merupakan film biografi Desmond Doss, yaitu seorang tentara pada PD II yang sedang bertugas di Oikinawa, Jepang. Film ini mendapat rating 8.1 dari IMDb dan 86% dari Rotten Tomatoes.

Film ini menceritakan tentang Desmond Doss, anak dari Thomas Doss. Thomas Doss merupakan Mantan Tentara pada PD I yang menjadi pemabuk karena merasa trauma dan kehilangan ketuga sahabatnya disaat ia bertugas di Perancis. Desmond muda pernah hampir membunuh saudaranya membuatnya meyakini bahwa membunuh itu merupakan suatu dosa terbesar dan memperkuat keyakinannya untuk jangan membunuh.

Bertahun-tahun kemudian, Doss membawa seorang anak ke rumah sakit dan disana ia bertemu dengan Dorothy Schutte. Ia menyukai wanita tersebut dan memberitahu ketertarikannya akan dunia medis. Singkat cerita, Doss pun mendaftar menjadi tentara angkatan darat untuk menjadi anggota medis. Sebelum berangkat at ke tempat pelatihannya, Doss melamar Dorothy untuk menjadi istrinya dan wanita tersebutpun mengiyakan hal tersebut.

Meskipun Doss unggul secara fisik, akan tetapi ia dikucilkan oleh para wamil yang lain karena imannya untuk tidak pernah memegang senjata sekalipun dan menolak beraktivitas di hari sabtu. Banyak cara yang dilakukan para pemimpin dan sersan yang mengomando Doss untuk mengusirnya dari ketentaraan. Akan tetapi semua siksaan itu dilalui Doss dan ia tetap ingin untuk menjadi wamil.

Doss pun hampir gagal menikahi Dorothy karena ia tidak diperbolehkan untuk cuti karena tidak ingin memegang senjata. Hapir saja dikeluarkan dari ketentaraan dengan tidak terhormat, akan tetapi ada undang-undang kongres yang melindunginya dan ia pun tetap menjadi anggota militer dan menikahi Dorothy.

Singkat cerita, pada perang di Oikinawa, Escarpment Maeda (Hacksaw Ridge)  Doss dengan tekad dan imannya berhasil menyelamatkan 75 tentara Hacksaw Ridge dan menjadi orang terhormat disana. Doss pun meninggal pada 23 Maret, 2006 pada usia 87.

Meskipun diangkat dari kisah nyata, Mel Gibson selaku sutradara sukses dalam mengeksekusi film ini. Visual serta cerita yang bisa dianggap tidak ada cacatnya sama sekali membuat film ini sukses dan dapat menyabet beberapa nominasi oscar. Emosi para penonton yang dicampur aduk sukses membuat film ini mendapat rating yang bagus. Kita dapat mengambil beberapa nilai moral dari film ini seperti, Keyakinan adalah segalanya dan jangan pernah balas dendam pada musuhmu dalam perang sekalipun. 

By, Tualang Noer Carstenza, 22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar