Daftar Mata Pelajaran

Sabtu, 26 Januari 2019

Tanggapan Film Lucy karya Luc Besson

Judul Film: Lucy
Sutradara: Luc Besson
Produser: Virginie Silla
Produksi: EuropaCorp
Durasi: 90 menit

Lucy adalah film aksi fiksi ilmiah Perancis berbahasa Inggris. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Luc Besson dan diproduksi oleh istrinya Virginie Besson-Silla untuk perusahaannya EuropaCorp dengan budget sebesar 40 juta USD dan box office sebesar 463,4 juta USD. Film Lucy dirilis tanggal 24 Juli 2014 di Amerika dan 31 Juli 2014 dengan durasi 90 menit. Film ini dibintangi oleh Scarlett Johansson, Morgan Freeman, Choi Min-sik, dan Amr Waked.

Lucy adalah seorang wanita berusia 25 tahun asal Amerika yang tinggal dan kuliah di Taipei, Taiwan. Ia ditipu dan dijerumuskan oleh pacarnya untuk bekerja sebagai pengedar narkoba kepada gangster Korea bernama Mr. Jang. Lucy digunakan sebagai pengantar obat sintetis berharga yang disebut CPH4. Obat ini dapat meningkatkan kapasitas otak pengguna. Melalui berbagai peristiwa yang tidak disadarinya (karena Lucy dibius), obat dijahit di perut Lucy untuk dijual ke Eropa. Lucy diculik dan disekap. Di tempat penculikan, salah seorang penculik mencoba memperkosanya. Ia memberontak dan mendapat tendangan tanpa ampun di perutnya. Kejadian itu melepaskan obat tersebut masuk ke dalam tubuhnya.

Akibatnya, ia mulai mendapatkan kekuatan mental dan kemampuan fisik yang kuat. Ia mampu menyerap informasi secara instan, melakukan telekinesis, telepati, time travel, tidak merasakan sakit maupun ketidaknyamanan lainnya. Ia berhasil lolos dengan mudah dan membalas dendam kepada para penculiknya.

Ia ke rumah sakit terdekat untuk menghilangkan kantong obat di dalam perutnya. Ia juga menyadari bahwa ia memerlukan tiga obat lain untuk memperluas kemampuan otaknya dan bahwa proses pertumbuhan sel yang sangat cepat ini bisa membunuhnya. Ia kembali ke hotel Mr Jang, Lucy menyerang para pengedar narkobanya hanya dengan kekuatan telekinesis.

Di apartemen tempat tinggalnya, di mana ia tingga bersama temannya yang seorang aktor, Lucy mulai melakukan penelitian  mengenai kondisinya. Ia berusaha mencari bahan-bahan ilmiah dan orang yang bisa menjelaskan kondisinya. Ia berhasil dan mengontak seorang ilmuwan terkenal, Profesor Norman. Penelitian profesor Norman menjadi kunci untuk menyelamatkannya.

Ia terbang ke Paris dan mengontak seorang polisi lokal, Del Rio, untuk membantunya menemukan sisa tiga paket obat. Sementara, kekuatannya terus berkembang sehingga ia mampu secara mental menghentikan gerak seluruh polisi dan para pengedar narkoba. Lucy berusaha bertemu Profesor Norman, sementara Mr Jang dan kaki tangannya juga mengingankan obat tersebut, terlibat tembak-menembak dengan Lucy dan polisi Prancis.

Di laboratorium Profesor Norman, pembuluh darah Lucy disuntik dengan keempat kantong CPH4. Tubuhnya mulai berubah warna dan tersebar di seluruh komputer dan benda-benda lain di dalam laboratorium, saat ia memperoleh energi untuk menciptakan sebuah komputer super yang akan berisi seluruh informasi mengenai alam semesta. Ia kemudian memulai perjalanan ruang-waktu, teleport ke New York dan melakukan perjalanan ke masa lalu. Pada titik kritis dalam perjalanannya, ia mencapai suatu masa dimana ia bertemu dengan nenek moyang tertua umat manusia dan bersentuhan jari dengannya, hal ini mungkin menjadi “memicu” kebangkitan umat manusia. Sementara itu, Mr Jang memaksa masuk ke dalam laboratorium dan menodongkan pistol ke kepala Lucy dari belakang, berniat membunuh Lucy. Mr Jang menembak, namun dalam sekejap sebelum peluru sampai ke kepalanya, Lucy menghilang ke dalam kontinum ruang waktu, dimana ia menjelaskan bahwa semuanya terhubung dan keberadaannya hanya dibuktikan melalui waktu.

Hanya pakaian dan supercomputer yang tertinggal. Del Rio masuk dan menembak Mr. Jang. Sementara, Norman mengambil flash disk dari super komputer yang diciptakan oleh tubuh Lucy dengan menggunakan materi di dalam ruangan. Del Rio bertanya dimana Lucy berada. Tiba-tiba muncul pesan teks di telepon Del Rio: “Aku ada di mana-mana”. Sebuah tembakan terdengar dan suara Lucy terdengar: “Hidup diberikan kepada kita satu miliar tahun yang lalu, dan sekarang anda tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.”

Etiopia, 1974. Satu tim peneliti manusia purba gabungan Prancis dan Amerika Serikat yang dipimpin Maurice Taeib dan Donald Johanson menemukan ratusan fosil tulang yang sangat menarik, termasuk sebagian rangka satu individu kate, berkelamin perempuan, yang dikenal sebagai "Lucy".

Lucy, yang sudah dewasa ketika mati, tingginya tak sampai 90 cm dan mirip dengan kera, dengan lengan panjang dan tungkai pendek. Ia digolongkan ke dalam manusia purba jenis Australopithecus. Lucy dikatakan hidup tiga juta tahun lalu.

Dalam sekelebatan di film ini kita bertemu Lucy sedang minum dari air sungai. Kemudian, kita juga bertemu Lucy yang hidup di zaman modern. Kita mendengarnya bermonolog, "Kita diberi kehidupan satu miliar tahun lalu. Apa yang telah kita lakukan pada kehidupan ini?"

Luc Besson adalah sutradara, penulis dan produser film yang selalu menghadirkan kejutan untuk penggemar filmnya. Film karya Luc Besson ini merupakan salah satu karyanya yang meraih box office cukup besar. Dalam film ini Luc menyajikan fiksi ilmiah tentang kinerja otak manusia yang mencapai 100%. Kajian ilmiah yang menjadi dasar Film Lucy sebenarnya masih diragukan. Kajian yang mengatakan manusia hanya memakai 10% kemampuan otaknya masih dianggap pseudosains, seolah-olah kebenaran ilmiah padahal bukan. Belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran klaim itu.

Dengan bermain-main lewat kemampuan otak yang terus meningkat, Luc Besson melebarkan filmnya tak sekadar film fiksi ilmiah, film aksi, atau film superhero. Tanpa perlu berpuisi dengan narasi dan gambar-gambar puitis, Film Lucy mengajak kita melakukan perjalanan bersama sang waktu.

Film ini mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang akal pikiran di sela baku tembak dan kejar-kejaran. Hal ini menyebabkan Lucy layak disebut film musim panas tercerdas tahun 2014. Sesuatu yang menantang akal pikiran bisa juga disajikan dengan asyik, seru, tanpa membuat dahi berkerut, disampaikan tak lebih dari 90 menit oleh Luc Besson.


Nama: Bella N. D. Hutapea
Kelas: VIII.9
Nomor: 06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar