Daftar Mata Pelajaran

Kamis, 23 Agustus 2018

"Dampak Game Online", Oleh M Nizar Bustomi

       Game online merupakan hal yang sekarang populer di dunia, hal ini menjadi kegemaran di kalangan dewasa, remaja, bahkan anak-anak.
Game online adalah game di pc atau di smartphone yang dapat dimainkan oleh multiplayer yang menggunakan jaringan internet.Terdapat banyak jenis permainan online ada yang berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks yang berbentuk dunia virtual yang dapat dimainkan oleh banyak pemain secara sekaligus.
       Dalam era kemajuan teknologi sekarang ini, permainan online seakan menjadi rutinitas sehari-hari untuk para remaja, anak-anak kecil pun ikut bermain permainan online ini.Tetapi dampaknya adalah bisa kecanduan bagi para orang yang memainkanya, game online memiliki dampak yang buruk bagi seseorang, apalagi bagi anak-anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan, yang mengakibatkan anak menjadi lupa waktu dan malas untuk belajar.
      Kecanduan game online juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti jika seseorang terlalu lama menatap layar smartphone maupun layar pc bisa mengakibatkan gangguan pada mata yang disebabkan oleh paparan cahaya dari layar. Contoh yang lainya adalah jika seseorang terlalu lama duduk bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, diabetes, bahkan penyakit jantung.
      Ada berberapa penyebab yang menyebabkan orang bisa menjadi kecanduan game online, yang pertama adalah karena lingkungan, misalnya jika di sekitar tempat tinggal seseorang itu banyak yang memainkan game online yang mengakibatkan seseorang itu juga ikut bermain game online.Yang kedua adalah karena kurangnya rasa sosialisasi seseorang yang membuat lebih memilih bermain game online sebagai alternative penghilang kesedihannya. Dan yang ketiga adalah banyaknya tugas yang diberikan guru membuat orang itu menjadi stress, sehingga mereka memilih bermain game online untuk mengurangi stress.

Oleh: M Nizar Bustomi
         VIII.9/(17)

6 komentar: