Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 24 Agustus 2018

SIKLUS AIR DI BUMI oleh: Gading Mahendra Sebayang

Air sudah menjadi peran penting dalam kehidupan. Air digunakan oleh makhluk hidup untuk kebutuhan minum, mandi, mencuci, dan sebagainya. Tapi, pernahkah kalian bahwa air di bumi itu akan habis? Tentu hal tersebut tidak mungkin terjadi. Mengapa hal tersebut tidak mungkin terjadi? Karena di muka bumi ini terjadi siklus air atau nama lainnya daur air. Siklus air merupakan sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui transpirasi, evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

Siklus air dimulai dari tahap evaporasi dan transpirasi. Keduanya adalah proses penguapan akibat panas matahari. Akan tetapi, evaporasi merupakan proses penguapan dari laut, danau, ataupun sungai. Sedangkan transpirasi adalah proses penguapan air yang berasal dari tumbuhan. 

Tahap selanjutnya setelah air menguap, uap air akan mengalami penurunan suhu. Lalu menggumpal menjadi awan. Tahap tersebut disebut kondensasi.

Lalu awan hasil proses kondensasi, tersebut jumlahnya akan bertambah banyak. Lalu setelah wan tersebut melebihi muatan akan terjadi hujan, yang biasa disebut presipitasi.

Lalu setelah proses presipitasi, sebagian besar air hujan akan meresap ke tanah. Dan sebagian besar lagi akan kembali ke perairan.

Dan proses tersebut akan terus berlanjut selama masih ada sinar dan panas metahari. Siklus air inilah yang menyebabkan bumi tidak kekurangan air selama tidak ada campur tangan manusia.

Oleh: Gading Mahendra sebayang/VIII.9/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar