Daftar Mata Pelajaran

Kamis, 23 Agustus 2018

Banjir kota malang

             Abelino Putra Kusyari/01/VIII.9
   
 Banjir di Indonesia merupakan masalah yang kompleks, terutama di kota besar seperti Malang. Masalah banjir harus dicarikan solusi sehingga efeknya tidak merusak dan merugikan masyarakat. Tapi kita tidak dapat memberikan tanggung jawab hanya kepada pemerintah. Karena masyarakat juga memiliki peran besar dalam menyelesaikan masalah banjir.
 
Banjir di Malang dikarenakan pembuatan rumah dipinggir sungai. Selain itu, kepadatan penduduk di Malang juga tergolong tinggi. Hal ini mengakibatkan lahan kosong diubah menjadi lahan perumahan, sehingga tidak ada tempat untuk penyerapan air.
     Tidak hanya itu, warga masih banyak yang membuang sampah ke sungai sehingga menghalangi aliran sungai. Hal tersebut merupakan penyebab utama banjir di Malang  saat hujan datang.
   Untuk mencegah dan menanggulangi banjir harus dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Dibutuhkan kepedulian dan kerjasama dari berbagai pihak,salah satunya petugas kebersihan dengan warga antar kelurahan ataupun kecamatan.

  •Tindakan yang dapat dilakukan di antaranya adalah:
-Membuat lubang serapan air
-Memperbanyak ruang terbuka hijau(taman,dan lainnya)
-Mengubah perilaku buruk agar membuang sampah pada tempatnya
-Tidak membuat rumah ditepi bantaran sungai
       Penanggulangan banjir dilakukan secara bertahap, mulai dari pencegahan, selama banjir dan pemulihan pasca banjir.
 Jadi menurut saya sebagai Warga Malang Raya , seharusnya pemerintah harus lebih tegas lagi dan antar lapisan masyarakat harus saling kerjasama dan menghindari perilaku perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Mohon kerjasamanya:)



                           oleh:Abelino Putra.K
                           kelas:VIII.9/01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar