Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 24 Agustus 2018

BLUE FIRE DI KAWAH IJEN, Oleh Dzaki Ferlian Nugroho

    Blue Fire atau api biru jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, merupakan fenomena alam yang sangat indah. Fenomena ini sangat langka, karena jarang sekali terjadi. Blue Fire ini adalah kobaran api yang berwarna biru, yang dapat terjadi di Kawah gunung. Fenomena Blue Fire ini hanya ada dua di dunia, yaitu Di Indonesia tepatnya di Gunung Ijen Banyuwangi dan di Islandia. Gunung Ijen merupakan gunung dengan kawah terbesar di pulau jawa. Gunung ini terakhir menunjukkan keaktifannya pada tahun 1936. 


    Blue Fire merupakan reaksi dari gas bumi jika bertemu oksigen pada tingkatan tertentu. Dari hasil reaksi tersebut menghasilkan api yang berwarna biru. Untuk pergi kesana, kita harus kuat menahan kantuk saat menuju gunung ini, agar dapat melihat keindahan Blue Fire di Gunung Ijen, karena untuk dapat melihat fenomena Blue Fire harus datang ditempat sekitar jam 02.00 - 04.00 Am. Oleh karena itu butuh persiapan yang memadai untuk melihat keindahan Blue Fire. Blue Fire dapat terjadi di Gunung Ijen karena terdapat kawah / danau yang memiliki kandungan asam sangat tinggi, ditambah lagi di daerah tersebut juga menjadi tempat penambangan batu belerang. Oleh karena itu Blue Fire dapat terbentuk. Mungkin Blue Fire sudah terbentuk sejak dahulu, tetapi baru ditemukan oleh penambang yang bekerja di sana sekitar tahun 1950. Blue Fire terjadi di tengah malam karena saat itu udara sangat dingin ditambah Gunung Ijen yang tingginya sekitar 2150 MDPL mendukung terjadinya Blue Fire.

     Fenomena Blue Fire ini adalah fenomena yang sangat indah dan langka. Sangat disayangkan apabila tidak pernah melihat fenomena ini, karena di dunia hanya ada 2 gunung yang kawahnya bisa menghasilkan Blue Fire. Sebagai pengunjung, sebaiknya harus menjaga jarak dengan lokasi terjadi Blue Fire. Sebab, Blue Fire adalah api yang panas. Jadi, kita harus menyiapkan barang yang diperlukan untuk mendaki gunung, dan harus sangat berhati-hati.

Oleh       : DZAKI FERLIAN NUGROHO
Kelas      : 8.9
No.  Abs : 10

1 komentar: