Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 24 Agustus 2018

SAMPAH ANORGANIK, Oleh : Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana VIII.9/18


            Sampah adalah suatu barang yang tidak berguna lagi. Sampah dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang bisa terurai oleh mikroorganisme di tanah, misalnya aneka sayuran, daun kering serta berbagai macam makanan yang sudah bekas. Sampah organik memiliki manfaat untuk dijadikan pupuk kompos atau pupuk bagi tumbuhan yang terbuat dari daun kering yang diolah hingga halus dan menjadi pupuk. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa atau sulit diuraikan. Misalnya adalah berbagai macam sampah plastik, kaleng, dan sejenisnya. Untuk mengurangi penggunaan sampah anorganik, sampah ini bisa didaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.


            Sampah anorganik ini merupakan suatu fenomena yang banyak ditemukan di masyarakat, padahal sampah ini sangat bermanfaat karena dapat didaur ulang. Banyaknya sampah anorganik, seharusnya masyarakat semakin mendapat keuntungan karena sampah anorganik jika dijadikan karya nilai jualnya akan tinggi.

            Pembuatan karya dari sampah anorganik diawali dengan pemilahan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang, setelah dipilah sampah akan dibuat daur ulang akan disisihkan kemudian baru memulai membuat karya, misalnya adalah pembuatan kursi dari botol plastik bekas yang diisi oleh kantong plastik bekas dan masih banyak karya yang bisa dibuat dari sampah anorganik yang bernilai jual tinggi.

            Apabila kita memiliki kebiasaan mendaur ulang sampah yang ada maka sebagai makhluk sosial kita sudah mengurangi pencemaran yang ada di bumi kita sehingga bumi kita terjaga dan kita juga mendapat keuntungan dari hasil karya yang kita buat menjadi barang yang bernilai tinggi.

Karya : Muhammad Zacky Hafiyyan Maulana VIII.9/18

1 komentar: