Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 24 Agustus 2018

RANTAI MAKANAN MAKHLUK HIDUP oleh: Aditya Rifky Wijaya Putra


Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan. Panjang rantai makanan ditentukan dari seberapa banyak titik yang menghubungkan antar tingkatan trofik. Langkah-langkah dalam rantai makanan umumnya terbatas 4-5 langkah saja.


Dalam rantai makanan terdapat 3 macam rantai pokok yang menghubungkan antar tingkatan trofik, yaitu rantai pemangsa, rantai parasit, dan rantai saprofit.
Di laut, banyak organisme yang hidup dari runtuhan materi organik yang merupakan akumulasi feses atau sisa tubuh hewan yang hidup dekat permukaan laut. Rantai makanan di tempat tersebut umumnya relatif pendek.

Ada juga jaring jaring makanan. Perbedaan rantai makanan dengan jaring jaring makanan.
Pada rantai makanan organisme hanya memakan satu jenis organisme saja, sedangkan pada jaring jaring makanan organisme memakan organisme lainnya yang tidak hanya satu jenis saja. Jaring jaring makanan akan menimbulkan banyak rantai makanan yang terhubung satu sama lain dalam bentuk jaring laba laba.

Rantai makanan adalah hubungan atau peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup di dalam ekosistem atau lingkungannya menurut urutan tertentu. Peran makhluk hidup dalam rantai makanan memiliki peran yang berbeda-beda, ada yang berperan sebagai produsen, konsumen tingkat satu, konsumen tingkat kedua, konsumen tingkat ketiga, konsumen tingkat keempat, dan ada juga yang berperan sebagai pengurai.

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri.Semua tumbuhan adalah produsen karena terdapat proses fotosintesis. Contoh produsen adalah padi, jagung, pohon pisang, dll. Produsen merupakan penghasil, dalam kehidupan di bumi yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan karena tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri.
Konsumen Tingkat 1 adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan atau energi langsung dari produsen.
Konsumen tingkat 2 adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari konsumen tingkat 1.
Konsumen tingkat 3 adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari konsumen tingkat 2.
Konsumen tingkat 4 adalah makhluk hidup yang memperoleh makanan dari atau berupa konsumen tingkat 3.
Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula tedapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Pengurai membantu proses penyuburan tanah. Contohnya bakteri dan jamur.

Peristiwa rantai makanan bisa berjalan lancar dan seimbang jika semua komponen tersebut ( produsen, konsumen tingkat 1, dan seterusnya ) tetap ada. Jika salah satu tidak ada maka akan terjadi gangguan dalam rantai makanan tersebut, sebagai contoh tikus berkembang biak dengan cepat dan banyak namun ular semakin punah maka terjadilah gangguan. Agar rantai makanan bisa terus berjalan maka jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 1 lebih banyak daripada konsumen tingkat 2. konsumen tingkat 2 lebih banyak daripada konsumen tingkat 3, dan seterusnya.

Oleh: Aditya Rifky Wijaya Putra/ 8.9/ 02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar