Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 24 Agustus 2018

Gerhana Matahari Total oleh Dianeera Mahadewi

Gerhana Matahari Total
Oleh : Dianeera Mahadewi VIII.9/09


      Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh bayangan bulan yang terletak diantara bumi dan matahari dalam satu garis. Meski diameter bulan sangat jauh lebih keci dari matahari, namun jarak bulan ke bumi lebih dekat, maka bulan mampu menutup cahaya matahari selama beberapa saat. Jarak bulan ke bumi berkisar sekitar 384.400km, sementara jarak matahari ke bumi berkisar kurang lebih sejauh 149.680.000 kilometer. Gerhana matahari termasuk fenomena alam yang sangat unik karena kita akan merasakan gelap seperti suasana malam pada saat siang hari. Gerhana matahari total hanya terjadi 375 tahun sekali di tempat yang sama. Maka dari itu, gerhana matahari total termasuk salah satu fenomena alam yang ditunggu-tunggu kehadirannya.



  Dalam Proses gerhana, akan selalu melibatkan dua bayangan yaitu umbra dan penumbra. Bayang-bayang yang sangat gelap, disebut umbra atau bayang-bayang inti. Bayang-bayang kabur, disebut penumbra atau bayang-bayang  semu. Gerhana matahari total terjadi bila ukuran lingkaran bulan yang menutup lingkaran matahari berukuran sama besar sehingga lingkaran matahari tertutup sempurna pada saat puncak gerhana.Ukuran lingkaran bulan dan matahari ini akan selalu berubah-ubah tergantung posisi dan jarak dari keduanya dengan bumi.
     Gerhana matahari total berlangsung selama kurang dari 8 menit, rrentan waktu tersebut merupakan waktu terbaik dan aman untuk melakukan pengamatan pada saat gerhana matahari total sedang berlangsung. Selebihnya, meski gerhana matahari masih terjadi, namun sinar matahari sudah mulai terihat dari tepi lingkarang bulan yang perlahan-lahan mulai bergeser karena rotasi bumi sekaligus rotasi bulan sehingga ketika gerhana telah berlangsung selama hampir 8 menit, maka pengamatan sebaiknya dihentikan karena beresiko merusak retina mata.
  Gerhana matahari memang salah satu fenomena alam yang unik dan patut untuk dinantikan. Maka dari itu tidak aneh apabila saat fenomena alam ini terjadi banyak masyarakat yang penasaran dan ingin menyaksikan secara langsung peristiwa yang langka tersebut. Namun, dalam menyaksikan gerhana matahari ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menonton gerhana matahari tidak memberikan efek buruk bagi kita.
   Saat kita melihat proses gerhana matahari, tidak diperkenankan untuk melihat secara langsung. Matahari pada dasarnya memiliki sinar (ultraviolet) yang tidak dapat dilihat manusia secara langsung, karena bila dilihat secara langsung, dapat mengakibatkan berbagai gangguan mata. Walaupun saat gerhana, matahari tertutup oleh bulan, namun itu tidak berlangsung lama. Maka dari itu, dianjurkan menggunakan kacamata atau alat khusus lainnya saat menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Memang gerhana matahari itu indah namun tentu saja kita tidak boleh meresikokan diri kita dengan melihatnya secara langsung, yang malah berbahaya bagi kesehatan kita.

1 komentar: