Daftar Mata Pelajaran

Senin, 11 Februari 2019

Pentingnya Pokja untuk kelestarian lingkungan sekolah

Pentingnya Pokja untuk kelestarian lingkungan sekolah

       Pokja atau program kerja adalah sebuah agenda kegiatan yang dimana menyusun rencana suatu kegiatan yang dibuat untuk jangka waktu yang sudah di sepakati. Progam kerja harus di susun secara sistematis, terperinci dan terarah, karena progam kerja merupakan suatu bentuk atau pegangan untuk mencapai tujuan dan visi misi suatu organisasi. Progam kerja biasanya di gunakan di sekolah, kantor, rapat dan lain sebagainya.

     Belakangan ini, lingkungan SMPN 3 Malang belum menunjukkan lingkungan yang bersih. Para siswa masih belum sadar akan kebersihan sekolah. Hal ini mengakibatkan lingkungan menjadi kurang bersih.

     Pokja didirikan untuk mengatasi hal itu semua, Pokja dapat menjadikan lingkungan menjadi bersih dan lebih enak dipandang. Dari hal ini siswa dapat menumbuhkan rasa kemandirian serta kepedulian terhadap lingkungan, sehingga Pokja menjadi kebiasaan untuk menjaga kebersihan.

     Bersatunya kelompok kerja, akan membentuk satu-kesatuan yang akan membuat lingkungan lebih terjaga. Terkadang pemerintah mengadakan kompetisi - kompetisi kebersihan. Dalam kompetisi itu siswa-siswa ikut bertanggung jawab dengan masing- masing Pokja, sehingga memungkinkan sekolah untuk memenangkan kompetisi tersebut.
   Akan tetapi dalam"hati kecil" siswa, siswa kurang setuju dengan adanya Pokja, karena hal tersebut dapat menambah beban siswa, karena sudah banyak tugas dari guru. Piket Pokja tersebut dilaksanakan pada waktu istirahat, sehingga bisa memotong waktu istirahat siswa. Siswa juga kurang setuju, karena pihak sekolah sudah mempunyai banyak petugas kebersihan.

      Masih banyaknya murid yang kurang peduli dan menyadari tentang pentingnya lingkungan bersih bagi mereka yang menjadi salah satu faktor utama Pokja di SMPN 3 Malang ini kurang efektif serta kurangnya persiapan dan sosialisasi tentang pentingnya Pokja kepada seluruh warga sekolah SMPN 3 Malang menjadikan Pokja ini kurang berjalan maksimal.

Oleh:
Fadhil Satrio .W (11)
Muhammad Nizar B (17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar