Daftar Mata Pelajaran

Jumat, 15 Februari 2019

“Pentingnya Membayar Uang Kas Kelas”


                                               “Pentingnya Membayar Uang Kas Kelas”

Kesadaran siswa – sisiwi sekolah dalam membayar kas kelas masih sangat rendah. Sementara kebutuhan kelas sangat banyak. Haruskah kita hanya mengandalkan bantuan orang tua dan sekolah secara terus – menerus ? Tanpa adanya usaha dari diri kita sendiri ?
           

Kemandirian kelas akan tercapai jika kesadaran siswa – siswi membayar kas kelas sudah tinggi. Sebenarnya uang kas kelas adalah uang yang dikutip dari siswa, oleh siswa, dan untuk kepentingan siswa itu juga. Uang kas memiliki banyak sekali manfaat seperti, membeli perlengkapan yang wajib ada (spidol, penggaris, penghapus, fotocopy soal).
           
Pada setiap bulan, siswa – siswi seharusnya membayar uang kas kelas dengan jumlah yang sama antara satu dengan lainnya. Gerakan membayar kas secara teratur dapat menciptakan kemakmuran bagi setiap siswa – siswinya. Gerakan membayar kas juga akan melatih pengolahan uang, dan kemandirian para siswanya.
           
Namun di pihak lain, di banyak kelas, siswa – siswi menganggap gerakan membayar kas kelas hanya membuang – buang uang dan waktu mereka saja. Mereka tidak mau direpotkan dengan pembayaran uang kas kelas, dan lebih mengandalkan bantuan orang tua murid atau sekolah. Mereka tidak berpikir bahwa kebutuhan kelas cukup banyak, tindakan mereka sangatlah salah.
           
Siswa – sisiwi yang patuh membayar uang kas adalah generasi emas bangsa. Mereka belajar hidup mandiri, dan mengolah uang dengan baik. Janganlah mengandalkan orang lain secara terus menerus, dengan bersama – sama kebaikan pasti terlaksana. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.



Arya Aditama
VIII.9 / 04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar